Barito Utara lakukan pengendalian hama terpadu

dinas pertanian kabupaten barito utara, bekerjasama melalui balai perlindungan tanaman pangan provinsi kalimantan sedang menyelesaikan model sekolah lapang-pengedalian hama terpadu (sl-pht) untuk mengamankan produksi pertanian.

kegiatan ini diselenggarakan petugas penyuluh lapangan juga sejumlah kelompok tani di empat kecamatan, kata kepala dinas pertanian, perikanan juga peternakan barito utara (barut), iwan fikri di muara teweh, senin.

menurut iwan, kegiatan sl-pht ini dilakukan antara lain di kecamatan teweh sedang, teweh selatan, gunung timang dan kecamatan montallat.

kegiatan ini agar menurunkan penentu kehilangan produksi tanaman baik tanaman pangan, sayuran juga holtikultura.

Informasi Lainnya:

hal itu diakibatkan keberadaan serangan organisme pengganggu tumbuhan (opt) maupun dampak dari penomena iklim (dpi) menarik kekeringan maupun banjir, sehingga petani dapat mengalami kerugian serta menurunkan penghasilan dan kesejahteraan mereka, kata iwan.

dalam kegiatan tersebut peserta pelatihan diimbau agar dalam menggarap pengendalian pengendalian opt sesuai melalui konsep pengendalian hama terpadu (pht).

pht itu diselenggarakan melalui langkah ditermpakannya sistem budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh aman, pengamatan berkala serta sekaligus petani untuk ahli pht melalui prinsip utama mengurangi pemakaian pestisida yang tak efesien dan tak tidak keliru, oleh karenanya mampu meminimalkan residu pestisida dan pencemaraan lingkungan.