Hatta: Kemendikbud tidak terkena pemotongan anggaran

menteri koordinator bidang perekonomian hatta rajasa menyampaikan kementerian studi serta kebudayaan adalah salah Salah satu kementerian yang tidak terkena pemotongan anggaran.

pemangkasan terbesar terjadi selama 15 kementerian lembaga yang mempunyai anggaran sulit, kecuali kemendikbud, sebab diatur selama undang-undang mesti 20 persen daripada total apbn, ujarnya ketika ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan shopping kementerian lembaga dalam jakarta, rabu.

hatta menyampaikan rencana pemotongan berbelanja kementerian lembaga tersebut diselenggarakan untuk menahan pelebaran defisit anggaran juga terjadi di berbelanja yang tak mengikat semisal perjalanan dinas dan pembangunan gedung.

menurut dia, pemotongan tersebut dilakukan secara proposional pada setiap kementerian lembaga sesuai dengan alokasi anggaran pada rencana kerja pemerintah serta proses pengadaan barang dan jasa.

Informasi Lainnya:

kita hanya pilih besarannya dan berdasarkan proporsinya. tersebut tidak cuma kasus seberapa besar anggarannya, namun serta rencana kerjanya, ujarnya.

menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala bappenas armida alisjahbana menyampaikan proses pemotongan ini adalah upaya untuk menjaga ketahanan fiskal dan untuk anggaran shopping negara lebih efisien.

tentu ini tak gampang, karena ini telah bulan mei, sehingga dan betul-betul dapat dipangkas lagi pasti dan tak menganggu target, katanya

armida memastikan belanja kementerian lembaga dan terkena pemotongan itu antara lain belanja non operasional dan masih mampu ditunda pelaksanaannya, dan tak mengganggu target pelaksanaan pembangunan.

tentu setiap kementerian lembaga berbeda (pemotongannya), tidak dapat dipukul rata. jika kami dapat yang diminta 10 persen rupiah murni (dari anggaran k/l), bukan total anggaran, ujarnya.