Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka selama lingkungan lembaga studi nahdlatul ulama hendak menggelar jambore nasional selama mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur selama 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama dalam lingkungan studi nu, papar ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi saat launching jambore nasional bertajuk perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) di jakarta, sabtu.

hadir dalam acara itu wakil ketua kwartir nasional pramuka jenis organisasi juga kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, juga sederat anggota pramuka pada lingkungan studi nu.

menurut arifin, sampai ketika ini sudah terdaftar sebanyak 1216 peserta dari 19 provinsi yakni dari bali, jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi tengah, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, serta jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi mampu mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti disamping diisi dengan aktifitas kepramukaan serta akan diperkaya melalui semua aktifitas seperti pelatihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi dan penyuluhan perihal hiv/aids, serta pentas budaya.

selain itu, lanjut dia, pada acara jambore nanti pihaknya sekaligus ingin meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka yang menghimpun seluruh gugus kepramukaan dalam lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan studi, cabang, wilayah, juga nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menungkapkan lp ma`arif nu, dan mengurus studi formal daripada tingkat dasar serta menengah pada lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga dalam antaranya sekolah umum, melalui angka siswa kurang lebih sembilan juta siswa dan pada ini turut menyukseskan program-program kepramukaan yang diselenggarakan oleh kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan dalam sekolah juga madrasah kami sangat massif. bahkan agar wilayah jawa timur, aktifitas perkemahan sudah rutin kami laksanakan semua tahun melalui menggandeng perwakilan gugus depan terbaik selama masing-masing cabang, katanya.

oleh karena itu, pihaknya optimistis dapat mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka pada lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan selama antaranya adalah mempunyai kepengurusan wilayah tidak mahal pada lima provinsi, papar arifin.