Sejumlah ruas jalan di Bukittinggi terendam banjir

hujan deras yang mengguyur kota bukittinggi, sumatera barat, sejak selasa sore hingga tengah malam mendorong sejumlah ruas jalan di kota itu terendam banjir.

ruas jalan terendam air akibat kondisi drainase yang buruk oleh karenanya air mengalir pada jalan juga tidak mengalir ke saluran air dan ada pada samping kiri juga kanan jalan, tutur suhatman, warga aua ateh, kecamatan aur birugo tigo baleh, selasa.

dia menyebutkan, genangan air di jalan mencapai setinggi lutut orang dewasa tersebut sering terjadi sewaktu hujan menurun. namun, tidak banyak upaya daripada pemerintah untuk mengatasinya.

pemerintah terkesan tutup mata dengan kondisi air dan tergenang setiap iklim hujan sehingga mendorong menyulitkan bagi pengguna sepeda motor lewat, tutur dia.

Informasi Lainnya:

pewarta diantara selama lapangan melaporkan genangan air kurang lebih setinggi 20 hingga 30 cm tersebut terdapat dalam jalan bebas hambatan by pass daerah aur ateh juga titik jalan lainnya.

pengendara roda dua yang melewati jalan yang terendam banjir itu kebanyakan tertipu selama sedang genangan air sebab mesin sepeda motornya mati mendadak.

kami kira genangan air tidak terlalu tinggi ternyata mencapai mesin sepeda motor makanya motor ketika melewatinya mati mendadak, papar rudi, masyarakat sungaipuar, kabupaten agam.

menurut dia, tinggi air mencapai 30 cm itu, untuk pengendara roda dua tidak melewati jalan menuju kantor kecamatan aur birugo tigo baleh tidak melewatinya telah ditutup pagar dengan masyarakat.

pada titik bajir terparah yang biasanya terjadi dalam anak air timbulkan luapan saluran air selama kawasan itu biarpun belum terlihat, tapi warga yang terserah dalam rt. 2/ rw. 1, kecamatan mandiangin koto selayan tampak bersiap-siap mengungsi.

kami mesti memperbaiki kewaspadaan sewaktu iklim hujan sebab sewaktu-waktu air akan meluap juga menggenangi rumah, papar rina, betul masyarakat setempat.