Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi juga geofisika pangkalpinang meminta maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai hingga adalah sarang petir dan halilintar, dan es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat yang mengandung listrik tegangan ekstrim tinggi juga manakala pesawat tetap menembus awan ini bisa mendorong goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, kata petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, di pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus yang membawa angin kencang dan petir, makanya para pilot pesawat agar mewaspadai awan ini untuk menghindari kasus penerbangan.

secara umum, katanya, kondisi iklim dalam provinsi itu belum mempengaruhi aktivitas penerbangan namun harus diwaspadai awan rendah dan beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah bisa menghalangi jarak pandang atau penglihatan sehingga menyulitkan pilot agar mendarat, ini membahayakan kepada keselamatan penumpang, ujarnya.

ada pilihan resiko dari pertumbuhan awan cumulonimbus ini, pada antaranya potensi udara vakum yang dapat membeli pesawat terbang kehilangan ketinggian serta turbulensi ke semua arah dan berdampak pada struktur pesawat terbang itu.

cumulonimbus biasa terkandung di lingkar tropis, tumbuh dalam sekejap mata akibat dinamika cuaca dan iklim setempat. dia dapat tumbuh menyerap sinar matahari makanya gelap total dalam ketinggian 3.000 meter dari permukaan laut hingga puluhan ribu meter daripada permukaan laut selama luasan dan luar biasa.