Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka selama lingkungan lembaga studi nahdlatul ulama mau menggelar jambore nasional di mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur pada 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama selama lingkungan pendidikan nu, kata ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika peluncuran jambore nasional dengan tema perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) dalam jakarta, sabtu.

hadir di acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka jenis organisasi dan kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, dan sederat anggota pramuka selama lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, hingga ketika ini telah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yaitu daripada bali, jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi tengah, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, dan jambi.

Informasi Lainnya:

target kita berbagai provinsi mampu mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti disamping diisi melalui kegiatan kepramukaan serta ingin diperkaya melalui semua model seperti latihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi juga penyuluhan mengenai hiv/aids, juga pentas budaya.

selain tersebut, lanjut dia, pada acara jambore nanti pihaknya sekaligus ingin meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka yang menghimpun berbagai gugus kepramukaan pada lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, dan nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menungkapkan lp ma`arif nu, yang mengurus studi formal dari tingkat dasar dan menengah dalam lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga pada antaranya sekolah publik, melalui jumlah siswa kurang lebih sembilan juta siswa dan dalam ini turut menyukseskan program-program kepramukaan dan diselenggarakan dengan kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan di sekolah serta madrasah kami sangat massif. malahan untuk wilayah jawa timur, kegiatan perkemahan sudah rutin kami laksanakan setiap tahun dengan melibatkan perwakilan gugus depan paling pas dalam masing-masing cabang, katanya.

oleh karena tersebut, pihaknya optimistis dapat mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka di lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami memenuhi persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, yang selama antaranya adalah mempunyai kepengurusan wilayah tidak mahal dalam lima provinsi, kata arifin.