Abbas dan pejabat Israel bahas kelanjutan pembicaraan perdamaian

presiden palestina mahmoud abbas, sabtu (6/4), mengadakan pertemuan rahasia dengan seorang pejabat senior israel untuk membicarakan kelanjutan perundingan perdamaian yang terhenti, papar Salah satu sumber terjamin, sabtu.

pertemuan tersebut diadakan pada malam kunjungan menteri luar negeri as john kerry ke israel serta tepi barat sungai jordan selama minggu. kerry mengunjungi wilayah itu untuk membantu israel serta palestina meneruskan pembahasan mereka, yang sudah terhenti sejak oktober 2010.

meskipun washington menyebut kunjungan ke tiga kerry ke timur tengah di Salah satu bulan dijadikan perjalanan mendengarkan, media as serta israel menyatakan diplomat senior washington itu ingin bekerja mendapatkan langkah mengembangkan kembali kepercayaan daripada kedua bagian supaya melanjutkan pembahasan perdamaian.

satu aksi dan dapat kerry lancarkan ialah membujuk israel agar membebaskan sebagian tahanan palestina dan ditahan pada penjara juga pemerintah otonomi nasional palestina (pna) mencabut upayanya agar menuntut israel dalam mahkamah pidana internasional (icc).

Informasi Lainnya:

sumber israel tersebut, dan tak akan disebutkan jatidirinya, memberitahu xinhua pertemuan diantara abbas dan pejabat israel tersebut digelar selama rumah abbas di kota ramallah, tepi barat, jauh daripada media massa.

sumber tersebut tidak bersedia menuturkan identitas pejabat senior israel tersebut, dan menggelar pembahasan dengan abbas selama sabtu selama ramallah. tapi ia menungkapkan kedua pejabat tersebut membahas perkembangan upaya guna meneruskan pembahasan langsung dan masalah tahanan palestind dalam di penjara israel.

pertemuan diantara abbas serta pejabat senior israel tersebut adalah yang pertama dari pembahasan perdamaian segera antara kedua pihak berhenti, setelah pemerintah israel melanjutkan pembangunan permukiman dalam tepi barat serta jerusalem timur.