Pengungsi Dieng mulai pulang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) banjarnegara, jawa tengah, pada hari ini melaporkan bahwa sebagian sulit pengungsi pada dataran tinggi dieng mulai terserah pulang, pasca-gempa yang terjadi jumat (19/4).

berdasarkan pantauan kami pagi ini, sebagian pengungsi sudah mulai pulang. tapi, ada dan yang masih bertahan di pengungsian, papar kepala pelaksana harian bpbd banjarnegara tursiman, selama posko siaga darurat bencana kawah timbang, kecamatan batur, banjarnegara, minggu.

sebagian pengungsi dan baru bertahan di pengungsian, papar dia, adalah masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi selama jumat malam kemarin.

menurut dia, jumlah pengungsi dalam sabtu malam mengalami penyusutan dibanding malam sebelumnya dan lebih dari 5.000 orang serta tersebar dalam tujuh info pengungsian.

Informasi Lainnya:

jumlah pengungsi tadi malam sekitar 3.000 pihak, katanya.

salah asli pengungsi daripada desa kepakisan, kecamatan batur, faturahman, mengemukakan bahwa keluarganya masih bertahan selama lokasi pengungsian desa dieng kulon, kecamatan batur, bersama istri juga dua anaknya sambil menanti instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

jika situasi telah dinyatakan aman, maka dia siap menimbulkan pengungsian meski agar tetapi harus terserah selama tenda darurat dan didirikan selama lapangan desa sebab rumahnya rusak berat akibat gempa.

saya sebenarnya sempat pulang ke rumah, namun sekarang terserah dulu ke pengungsian sebab semalam, sekitar pukul 23.00 wib, terasa ada gempa, kata petani kentang serta sayuran tersebut.

menurut dia, banyak properti masyarakat desa kepakisan dan rusak berat akibat gempa yang terjadi pada jumat malam.

oleh karena itu, dia mengharapkan, adanya santunan dari pemerintah untuk meningkatkan rumah-rumah masyarakat dan rusak.

statusnya sudah properti pribadi, namun manakala ada santunan dari pemerintah pastinya amat berarti bagi kami, katanya.

berkaitan melalui santunan logistik selama pengungsian, dia mengemukakan, tak mempermasalahkannya karena sudah tercukupi.

tinggal dalam pengungsian telah tak enak. tapi, kami berterima kasih atas bantuan daripada pemerintah juga warga yang telah melayani serta menampung kami supaya tetapi masa, ujarnya.

petugas pos komando (posko) siaga darurat bencana kawah timbang, andri sulistyo, menungkapkan bahwa pengungsi di desa dieng kulon minta supaya dipulangkan ke desa tiap-tiap, semisal kepakisan juga pekasiran.

kami pagi ini mengirim tiga truk ke desa dieng kulon untuk memulangkan para pengungsi, ujarnya.