Mendikbud: belum tentu diterima peserta UN

mendikbud mohammad nuh menilai pengabaian hasil ujian nasional (un) 2013 agar sma juga sederajat dan diusulkan komisi x dpr belum tentu diterima peserta un.

usulan tersebut kami terima, namun akan kami kaji. bayangkan manakala diabaikan, tentu 22 provinsi yang nggak banyak masalah dengan un mau menolak, bahkan dan digeser pun menolak sebab punya harga diri, papar nuh di konferensi pers usai dialog profil dokter gigi indonesia yang holistik serta membumi di surabaya, sabtu.

dpr boleh saja memberi input, namun hal dan subtansial adalah kerahasiaan soal un, bukan soal serentak tidaknya. bila tidak serentak, namun tak bocor ya masih sah, sebab itu kami tak akan juga merta mengabaikan cuma soal beda waktu, katanya.

kemarin anggota komisi x dpr ri reni marlinawati menungkapkan un 2013 tak sah karena tidak dilaksanakan serentak. karena di uu dinyatakan kiranya un mesti diselenggarakan serentak. tidak boleh ada penundaan, katanya.

Informasi Lainnya:

nuh berjanji agar mengumumkan hasil investigasi penyebab gagalnya un serentak, minggu depan.

dia dan berjanji agar menjatuhkan sanksi kepada yang lalaii. uang percetakan soal un 2013 mencapai rp94 miliar serta banyak kurang lebih rp22 miliar dan bermasalah, ujarnya.

dia mempersilakan bpk atau kpk mengerjakan penyelidikan. bukan kpk serta bpk yang masuk (menyelidiki), tapi kami undang mereka untuk masuk, ujarnya.

nuh mendaku pelaksanaan un sma juga smp serta sederajat dengan publik terselesaikan. bedakan diantara un melalui pelaksanaan un, karena un memang ada masalah melalui Satu percetakan, tapi selama jatim dan provinsi lain kan berjalan sebagaimana biasa, ujarnya.