Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan besar ri (kbri) di qatar karena cekatan memenangkan masalah tki serta tekun mengiklankan potensi tki dalam negara tersebut.

kbri qatar bahkan amat proaktif mengupayakan beriklan tki formal dalam semua sektor konsentari dengan menyertakan pengguna perusahaan serta kelompok masyarakat agensi perekrut tenaga kerja asing. hal ini tentu upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja selama qatar supaya para tki formal berkualitas, ujar jumhur pada yogyakarta, jumat.

ia menceritakan dalam kunjungan kerjanya pada qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) kemarin, sudah menyaksikan langsung aspek penanganan tki oleh kbri di qatar dan termasuk bagus juga terencana terutama dalam menuntaskan semua permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta besar ri pada qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt yang mengadu ataupun untuk tki kaburan ke kbri betul-betul mendapat fokus serius, oleh karenanya jumlah kaum tki tak menumpuk di shelter/penampungan kbri, jelas jumhur.

Baca Yang Lain: Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Pembuatan Toko Online

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt dalam setahun merupakan tki kaburan yang datang ke gedung kbri qatar, dengan beragam persoalan mulai gaji tak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, pekerjaan tak pas perjanjian kerja, akibat kasus selama info kerja/rumah majikan, sakit, juga sebagainya.

kbri qatar, kata jumhur, tidak pernah mengabaikan kasus-kasus tki plrt yang terjadi di negara tersebut. dengan itulah, jumlah tki bermasalah selama kbri pun kerap teratasi pada masa singkat karena sudah ditangani dengan prosedur bersegeralah, sigap, dan efisien.

kbri qatar sangat peduli dengan semua masalah tki, termasuk aktif melakukan pemulangan para tki bermasalah ke tanah air apabila harus dengan skema penyelesaian pada tanah air, katanya.

sementara tersebut, selama menerima adanya para tki formal, kbri dipandang jumhur dapat berperan aktif juga komunikatif dengan penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tak heran kbri qatar dibaratkan properti nyaman kepada kaum tki formal yang tersebar pada berbagai qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, juga info (puslitfo) bnp2tki, kurang lebih 32 ribu tki berada pada qatar dengan sebagian besar terdiri tki plrt dan sisanya berusaha dalam perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, serta jasa keuangan.

jumhur menungkapkan qatar sejauh ini maju pesat dalam kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat bisnis, juga lebih istimewa sebagai kawasan termaju dalam negara-negara teluk yang ada pada timur tengah.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa melalui masyarakat benar berkisar 350 ribu pihak, selebihnya mewakili para imigran seperti india, pakistan, asia, juga afrika. qatar dan negara melalui pendapatan perkapita tertinggi pada dunia yaitu 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi selama menangani permasalahan tki plrt dengan kbri qatar, jumhur dan meninjau para tki plrt bermasalah yang ada pada kbri, berdialog dengan para tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) agar semua tki, juga menggelar sederat pertemuan melalui unsur pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, serta bagian agensi perekrut tenaga kerja asing untuk memperluas peluang penempatan tki berkemampuan formal pada qatar.