HKTI desak UU Perlindungan Petani selesai tahun ini

himpunan kerukunan tani indonesia (hkti) mendesak agar uu perlindungan petani beres tahun 2013 sebab akan mencari petani bergairah menggarap kegiatannya sehingga produksi meningkat juga swasembada produk pertanian baik.

jangan sampai terjadi lagi kasus daging atau bawang dan harganya tinggi sehingga konsumen dirugikan juga petani tidak membeli manfaat dari kenaikan harga tersebut, tutur ketua harian hkti sutrisno iwantono dalam dialog nasional uu perlindungan petani dalam rangka menyambut hut hkti ke-40 dalam jakarta, sabtu.

sutrisno menungkapkan agar mendesak pemerintah dan dpr segera mensahkan uu itu dengan begini pihaknya akan menggelar unjuk rasa kalau masa reses anggota dpr selesai, disamping lobi dengan bagian terkait.

iwantono yakin uu perlindungan petani akan mencari petani sejahtera juga terlindungi sehingga mereka bergairah bertani makanya sasaran swasembada memenuhi harapan. kalau produksi mencukupi dengan begini konsumen serta ingin diuntungkan sebab barang lengkap dengan harga terjangkau.

Informasi Lainnya:

iwantono menyerahkan pilihan masukan supaya ruu perlindungan petani, antara lain perlunya asuransi kepada petani manakala terjadi gagal panen. hal ini mau membuat petani menyimpan terlindungi, ujarnya.

usulan lain, melindungi petani dari banjir pilihan impor melalui mengenakan instrumen tarif bagi pilihan impor dibandingkan melalui sistem kuota pilihan impor yang dianggapnya hanya menguntungkan segelintir pengusaha.

sebaliknya sistem tarif memesan siapapun bisa menggarap impor asal dikenakan tarif tertentu oleh karenanya pasokan terjamin.

hkti memberi usul perlunya bank khusus petani dan diberi tugas memodali petani.