Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan dan instansi pemerintah lainnya dalam makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan dengan simbolik oleh kepala bpn pada 46 penerima dalam halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai kini. ini adalah hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah pada sulawesi selatan, papar hendarman.

dia menunjukan untuk semua wilayah indonesia terkandung kurang lebih 85 juta jenis tanah yang perlu disertifatkan. sampai ketika masih 45 juta bidang dan telah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh karena itu, jajaran bpn ri agar bekerja lebih segeralah untuk memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus terhadap masyarakat.

hendarman menekankan agar berbagai jajaran di bekerja taat kepadan agama dan taat kepada azas untuk warga memperoleh pelayanan terbaik.

pada kesempatan tersebut, hendarman kembali mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya dalam memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yakni memangkas sengketa juga harus disadari pada orang kecil, ujarnya.

untuk tersebut, bpn hendak selalu menggalakkan program-program pro-rakyat yang di ini telah berjalan. program-program itu keduanya sertipikat prona tidak perlu bayar, situs jemput bola layanan sertifikat tanah agar rakyat (larasita) dan situs one day service.

mantan jaksa agung ri itu dan menekankan tinggal prinsip dasar bahwa tanah merupakan sumber kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyat, sehingga tanah mesti dihindarkan dari spekulasi.

sejalan melalui penggalakan program pro-rakyat tersebut, bpn juga hendak mempertimbangkan hak guna upaya-upaya (hgu) terhadap perusahaan serta holding perusahaan dan telah mempunyai hgu cukup luas. aku juga hendak menyewa agar pemegang hgu membangun konsep plasma juga inti agar penting bagi penduduk, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyatakan 17.680 sertipikat yang dibagikan itu diantaranya terdiri dari prona 11.282 jenis, redistribusi tanah supaya rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 bidang juga sisanya 803 untuk pertanian.

elfachri juga mengakui sengketa tanah cukup ada selama wilayah kerjanya. kami sudah menyelesaikan 220 sengketa lewat mediasi dan gelar perkara, ujarnya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap berusaha sama melalui bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah bagi warga. bentuk kerja sama tersebut salah satunya melalui penandatangan mou diantara gubernur sulsel melalui kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.