Dua Uskup Ortodoks diculik di Suriah utara

kelompok bersenjata menculik dua uskup selama desa provinsi aleppo, suriah utara, kata kantor berita sana dalam senin malam.

kelompok teroris bersenjata selama hari ini menculik uskup yohanna ibrahim, kepala gereja ortodoks suriah (selama aleppo), dan uskup boulos yaziji, kepala gereja ortodoks yunani (dalam aleppo) ketika mereka malakukan model kemanusian di desa kafr dael, provinsi aleppo, kata kantor berita itu.

para teroris menghadang mobil kedua uskup tersebut di desa kafr dael, mengeluarkan sopir dari kendaraan itu serta menculik kaum uskup itu , tambahnya.

ketika dihubungi afp, sumber-sumber dalam daerah keuskupan ortodoks yunani menolak menyerahkan komentar perihal insiden tersebut.

Informasi Lainnya:

para masyarakat kristen aleppo yang dihubungi afp menyampaikan ibrahim naik mobil beranjak menjemput yaziji daripada bab al-hawa melintasi perbatasan turki, dan berada selama kekuasaan pemberontak.

mobil itu dicegat di perjalanan pulang dengan pria-pria bersenjata dan menculik kedua uskup itu juga membunuh sopir mereka, kata warga yang tak bersedia namanya dikenalkan.

penculikan-penculikan semakin meningkat pada suriah tetapi hukum juga ketertiban berantakan akibat meluasnya konflik diantara pemberontak juga pasukan pemerintah presiden bashar al assad.

para aktivis juga kelompok hak asasi manusia mengatakan kelompok-kelompok minoritas tergolong kristen umumnya rentan kena serangan.

jumlah masyarakat kristen sekitar lima persen dari masyarakat suriah dan mereka tetap sebagian besar netral serta mendukung pemerintah dari pemberontakan pada pemerintah meletus maret 2011.

tetapi oposisi suriah serta termasuk anggota terkemuka kristen george sabra, asli pembangkang diangkat dijadikan ketua akan tetapi koalisi nasional suriah dan oposisi senin.